Panduan lengkap cara menggunakan tool Mi Flash


advertisement
Panduan lengkap cara menggunakan tool Mi Flash

Panduan lengkap cara menggunakan tool Mi Flash - pada artikel sebelumnya saya sudah banyak membahas mengenai tutorial xiaomi lebih tepatnya Cara upgrade firmware smartphone xiaomi ke versi ROM MIUI terbaru mulai dari xiaomi redmi note 3 , Mi max , redmi note 4 , Mi 5 dan masih banyak lagi lainnya. yang intinya disini saya akan selalu memberikan informasi jika upgrade sudah resmi tersedia.

nah pada artikel tersebut khususnya cara melakukan upgrade ROM MIUI yang saya berikan , disitu saya menjelaskan 3 teknik yang bisa anda pilih mulai dari upgrade secara OTA ( Over-the-air ) langsung melalui perangkat xiaomi maupun secara manual baik melalui mode fastboot dan mode recovery.

jika sahabat xiaomi memilih cara upgrade secara OTA ( over-the-air)  itu sangat mudah dilakukan yakni bisa langsung melihatnya melalui aplikasi updater apakah sudah tersedia atau tidak , setelah itu anda hanya tinggal klik " upgrade perangkat " <> tunggu hingga proses selesai.

akan tetapi tersedianya upgrade ROM MIUI secara OTA ( over-the-air) seringkali pengguna harus menunggu dalam waktu yang cukup lama karena harus menunggu keputusan resmi dari pihak Xiaomi. apalagi jika smartphone xiaomi yang anda gunakan adalah bergaransi distributor , mungkin anda tidak akan pernah mendapatkan informasi upgrade melalui aplikasi updater secara otomatis pada perangkat xiaomi yang digunakan atau dikarenakan masalah tertentu sehingga tidak kunjung menerima pemberitahuan upgrade.

maka dari itu sekarang banyak sekali yang mencari bagaimana cara melakukan upgrade ROM MIUI secara manual yakni melalui mode fastboot dan mode recovery , seperti yang sudah sering saya ulas pada tutorial xiaomi sebelumnya.

mengenai Cara upgrade secara manual melalui mode fastboot dan mode recovery terdapat sebuah perbedaan yang cukup jauh yaitu jika melalui mode fastboot harus menggunakan PC dan sebuah alat ( tool ) yang bernama MI flash.

jika melalui mode recovery anda harus mempersiapkan file ROM MIUI terlebih dahulu , setelah itu menginstalnya melalui aplikasi updater. Cara ini merupakan langkah paling mudah kedua setelah melakukan upgrade secara OTA ( Over-the-air).

Baca juga : Cara upgrade secara manual melalui mide fastboot dan mode recovery

jadi kesimpulannya Cara upgrade melalui mode fastboot adalah cara paling sulit untuk dilakukan , karena harus menggunakan PC atau laptop sebagai alat hubung . selain itu juga memerlukan sebuah tool bernama Mi flash.

nah , pada tutorial xiaomi kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara rinci bagaimana sih sebenarnya cara melakukan upgrade secara manual melalui mode fastboot ? supaya sahabat xiaomi disini bisa melakukan upgrade perangkat xiaomi dengan mudah apapun cara yang harus digunakan baik itu secara OTA , mode recovery dan mode fastboot.

sebenarnya dalam melakukan upgrade secara manual melalui mode fastboot , kebanyakan pengguna sulit memahami bagaimana cara menggunakan tool " Mi FLASH " dan apa fungsi maupun kegunaannya.

Tool Mi Flash adalah salah satu alat terbaik untuk melakukan flash Stock atau upgrade secara manual melalui mode Fastboot untuk semua smartphone Xiaomi mulai dari :

- xiaomi redmi note 4
- redmi note 3
- mi note 2
- xiaomi MI5 dan 5S
- mi Pad 2
- mi Mix
- mi Max
- xiaomi redmi 3 Prime dan masih banyak lagi  lainnya.

perlu anda ketahui bahwa cara dalam melakukan Flashing melalui mode Fastboot akan sangat berguna sekali dan penting anda  pahami untuk berjaga-jaga ketika smartphone xiaomi yang Anda gunakan tiba-tiba mengalami off , brick ,  dikarenakan kesalahan setting , salah dalam memilih ROM saat upgrade dan masalah lainnya sehingga perangkat tidak bisa dihidupkan sama sekali.

kegunaan lain dari tool mi flash ini juga sangat berguna sekali jika suatu saat anda ingin mengembalikan firmware atau ROM yang anda gunakan sebelumnya kembali ke awal seperti semula ,  dan khusus bagi anda pengguna PC , Tool Mi flash dapat diinstal pada setiap platform Windows mulai dari Windows 7,8, 8.1 dan windows 10 dan kompatibel dengan driver Mi ADB dan Mi PC Suite. bagaimana sangat keren bukan ?.

begitulah penjelasan saya mengenai Tool Mi flash yang memiliki banyak fungsi dan kegunaannya. baiklah kalau begitu langsung saja akan saya jelaskan bagaimana Cara menggunakan Tool Mi flash , berikut ulasannya.

sebelum saya menjelaskan bagaimana cara menggunakan Tool Mi flash , ada beberapa langkah setting dan bahan yang harus anda persiapkan terlebih dahulu antara lain :

- Pastikan anda sudah instal Xiaomi USB driver pada PC yang dimiliki sebagai alat hubung antar dua perangkat pada saat menghubungkan kabel USB ke PC nantinya pada proses flasing.

- Aktifkan USB Debugging pada perangkat Xiaomi.

- pastikan kapasitas baterai pada perangkat sudah terisi 100% , karena pada waktu proses flashing membutuhkan daya yang cukup besar.


PANDUAN LENGKAP CARA MENGGUNAKAN TOOL MI FLASH

a. pertama-tama instal " Tool Mi flash " versi paling terbaru dan simpan di PC atau komputer yang dimiliki.

b. siapkan dan instal stok firmware ( ROM MIUI ) sesuai nama perangkat xiaomi yang akan anda upgrade , setelah itu lakukan ekstrak pada file tersebut dan simpan pada penyimpanan komputer.

c. setelah semua bahan sudah siap dan tersimpan di komputer , langsung saja matikan perangkat xiaomi anda.

d. selanjutnya silahkan masuk ke mode fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Volume bawah + tombol Daya secara bersamaan dalam waktu 8 -10 detik.

e. anda akan melihat sebuah halaman baru yaitu telah masuk pada halaman mode fastboot.

f. langkah selanjutnya hubungkan perangkat xiaomi ke PC atau komputer menggunakan kabel USB.

g. setelah perangkat dan komputer berhasil terhubung , selanjutnya buka Tool mi flash yang sudah anda instal sebelumnya.

h. setelah Tool mi flash terbuka , klik menu yang terletak di sudut kiri atas.

i. sekarang silahkan memilih firmware yang telah Anda instal dan sudah diekstrak sebelumnya ( pada langkah " b " ).

j. selanjutnya klik tombol " refresh " dan akan muncul nama perangkat xiaomi yang anda gunakan.

k. langkah terakhir klik pada tombol " FLASH ".

setelah anda tekan tombol " FLASH " proses flashing dimulai dan mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit saja, maka tunggu hingga proses selesai sampai anda mendapatkan pemberitahuan bahwa proses flashing telah diselesaikan. jangan lupa ikuti terus perkembangan berita dan tutorial xiaomi terupdate selanjutnya hanya di xiaomikita.com.


advertisement

No comments