Xiaomi Luncurkan Yi 4K, Kamera Pesaing GoPro yang Punya Penstabil Gambar

Xiaomi Yi 4k

Xiaomikita.com - Xiaomi akhirnya mengumumkan action camera terbaru mereka penerus Yi Cam sebelumnya, yaitu Xiaomi Yi 4K. Kamera ini memiliki kemampuan merekam video 4K (empat kali video Full HD). Selain itu, kamera Yi 4K juga dibekali dengan fitur Image Stabilizer (penstabil gambar).

Xiaomi Yi 4K menggunakan sensor Sony IMX377 yang memiliki ketajaman 12 megapiksel dalam perekaman dan pemotretan.

Lensa Xiaomi Yi 4K terdiri dari 7 lapisan dan memiliki sudut pandang 155 derajat dengan bukaan diafragma f/2,8.

Ada juga gyroscope enam sumbu (6-axis) sebagai alat penstabilan, atau dengan kata lain, mencegah gambar terlihat kabur pada hasil rekaman. Fitur ini jadi salah satu kelebihan Xiaomi Yi 4K dibandingkan dengan GoPro yang sama sekali tak memiliki alat penstabil gambar (image stabilizer).

Yi 4K bisa dipakai untuk merekam dalam resolusi 4K, resolusi lain yang lebih rendah, serta video slow motion.

Pada resolusi 4K, kamera dapat merekam dengan daya tangkap 30 frame per detik. Pengguna juga bisa menurunkan resolusi ke 2,5 K dengan daya tangkap 30 frame per detik atau 1440p pada 60 frame per detik.

Sedangkan saat mengambil video slow motion, resolusi serta daya tangkap bisa diatur menjadi 1080p pada 120 frame per detik, 960p pada 120 frame per detik, atau 720p pada 240 frame per detik.

Fitur lain yang menarik adalah keberadaan dukungan WiFi dual band, yaitu memakai frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz, slot kartu MicroSD, serta Bluetooth 4.0 sebagai penghubung antara kamera dengan ponsel.

Di bagian belakan Xiaomi Yi 4K terdapat layar sentuh LCD berukuran 2,19 inci yang terlindung lapisan anti gores, Gorilla Glass. Baterai kamera ini memiliki kapasitas 1.400 mAh, dijanjikan bisa dipakai merekam video 4K selama dua jam.

Xiaomi akan merilisnya di China dengan harga 1.199 Yuan atau setara Rp 2,4 juta dalam waktu dekat. Belum diketahui kapan Xiaomi akan merilisnya di negara lain, seperti Indonesia. Demikian dilansir dari KompasTekno, Selasa (17/5/2016).